0
BERANDA POLITIK FOCUS PEMERINTAHAN PEMBANGUNAN HUKRIM
JAMBI PERWAKILAN DAERAH
REDAKSI SJB PEDOMAN MEDIA SIBER ADMIN
BERITA UTAMA
#hampir-ratusan-milyar-aset-daerah-tak-terurus......... #pemkot-jambi-alokasikan-rp-238-juta-untuk-bantu-operasional-angkutan-kota......... #sarwono-dapat-grand-prize-mobil-suzuki-panen-hadiah-simpedes-bri......... #lupa-dan-ppas-apbd-merangin-2022-disepakati......... #geng-motor-beraksi-lagi,-bacok-korbannya-di-pall-lima......... #kapolri-mutasi-30-perwira,-termasuk-kapolres-batanghari......... #pemprov-jambi-berlakukan-program-pemutihan-pajak-hingga-akhir-tahun......... #mulai-1-oktober-ptpn-produksi-migor-murah-rp-14.000/liter......... #hra-kunjungan-safari-jurnalistik-ke-ln-pwi-jambi-program-kerja-tetap-berjalan......... #pemkot-jambi-optimalkan-pelaksanaan-program-kampung-bantar.........
FOCUS

Pemkot Jambi Ajak Masyarakat Ikut Serta Kendalikan Inflasi


11 August 2022

KOTA JAMBI , SJBNEWS.CO.ID - Wakil Walikota Jambi Maulana, Kamis (11/8/2022), mengatakan stimulus tersebut diberikan Pemerintah Kota melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi dengan memberikan bantuan 2.567 tanaman cabai dalam "polibag" dan bantuan 20 unit rak hidroponik kepada masyarakat di 16 kelurahan di Kota Jambi.

"Ini hanya bersifat stimulus masyarakat Kota Jambi  diberikan 2.567 bibit cabai ini  diharapkan bisa menjadi contoh yang kemudian secara mandiri masyarakat bisa mengembangkan di perkarangan  rumah masing-masing," kata Maulana.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS)  Provinsi Jambi, pada Juli 2022, Kota Jambi mengalami inflasi sebesar 1,30 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 115,52 .

Komoditas cabai merah menjadi komoditas penyumbang terbesar inflasi di Kota Jambi pada Juli 2022 yakni sebesar 1,04 persen diikuti bawang merah dan cabai rawit.

"Penyumbang inflasi paling besar di Kota Jambi masih dari bahan pangan salah satunya cabai karena tidak seimbangnya suplay dan demand," sebutnya.

Oleh karena itu, kata dia, penting di Kota Jambi untuk dikembangkan "urban farming" yaitu pertanian berbasis di perkotaan atau di daerah urban. Menurutnya ini dilakukan mengingat lahan di Kota Jambi yang terbatas. 

"Bagaimana perkarangan rumah yang kecil bisa memberikan manfaat untuk memenuhi kebutuhan pangan minimal memenuhi kebutuhan keluarga," terangnya. (ANT)