Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan Datang

- Kamis, 06 Januari 2022, 12:00 AM
Keterangan Foto

JAMBI , SJBNEWS. CO.ID - Menjelang datangnya curah hujan tinggi di beberapa wilayah Indonesia, membuat para pemilik mobil harus ekstra hati-hati dalam melakukan perawatan mobil miliknya. Sebab jika tidak, air hujan yang seharusnya menjadi berkah dapat menjadi musibah bagi Anda karena sejumlah kerusakan yang terjadi akibat guyuran air hujan. Salah satu kerusakan yang paling sering terjadi adalah kerusakan pada bagian bodi mobil. Nah, berikut ini adalah beberapa tips merawat mobil ketika musim hujan datang.

Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan

  • Hindari mengelap bodi mobil secara langsung

Ketika mobil masih dalam kondisi basah akibat diguyur hujan, sebaiknya Anda jangan langsung mengelapnya. Hal ini dikarenakan adanya kandungan garam pada air hujan serta terdapat juga kotoran-kotoran halus di dalamnya. Karena itu, jika Anda langsung mengelapnya, maka akan berpotensi terjadinya goresan pada cat bodi mobil. Jika hal ini terjadi, sebaiknya Anda mengguyur bodi mobil Anda terlebih dahulu menggunakan air bersih secara merata, baru kemudian dikeringkan. Jika memang terlihat sangat kotor, Anda dapat mencucinya dengan menggunakan shampo khusus untuk mobil.

  • Segera bersihkan sisa air hujan

Jika mobil Anda basah akibat terguyur hujan, jangan biarkan air hujan tersebut menempel terlalu lama bahkan hingga berhari-hari sampai mengering. Usahakan untuk langsung membersihkan sisa air hujan agar jamur dan karat tidak merusak lapisan cat mobil.

  • Simpan mobil Anda dengan baik

Meskipun tidak digunakan, sebaiknya mobil milik Anda tetap terlindung dari guyuran air hujan. Anda dapat menggunakan cover mobil atau memasukkan mobil Anda ke dalam garasi yang tertutup bagian atasnya.

  • Aplikasikan pelindung cat mobil

Tips merawat mobil saat hujan lainnya bukan hanya dengan membersihkannya saja, Anda dapat juga merawat dan mempercantiknya. Salah satu yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengaplikasikan coating atau pelapis bodi mobil. Coating atau pelapis bodi mobil berfungsi untuk melindungi cat serta bodi mobil Anda dari guyuran air hujan sehingga lebih mudah untuk dibersihkan. Selain itu penggunaan coating juga dapat meningkatkan penampilan mobil Anda. Selain pada bodi mobil, Anda juga dapat mengaplikasikan coating pada bagian kolong mobil termasuk di bagian mesin serta kompartemennya. Saat ini sejumlah car care atau salon mobil telah mempunyai cairan serta perawatan khusus untuk menanggulangi kondisi ini.

  • Bersihkan kaca depan dan wiper

Selain bagian bodi, ketika musim hujan seperti saat ini, Anda juga perlu memberikan perhatian yang lebih pada windshield atau kaca depan. Sebab, jika sisa air hujan tidak segera dibersihkan maka akan berpotensi timbulnya jamur pada bagian kaca mobil. Selain itu, perhatikan juga bagian karet wiper agar penyapuan berjalan optimal. Karet wiper dapat dibersihkan dengan menggunakan lap kering serta cairan alkohol.

  • Jaga bagian interior tetap kering

Ketika Anda masuk ke dalam mobil dan di luar sedang dalam kondisi hujan, maka air hujan dapat turut masuk ke dalam kabin. Jika hal ini terjadi akan mengakibatkan alas karpet menjadi basah dan jika dibiarkan akan berpotensi menyebabkan timbulnya jamur. Jika sudah parah, maka bagian bawah bodi akan menjadi karat dan keropos.

Oleh sebab itu ketika Anda membersihkan dan mencuci mobil selalu periksa bagian bawah alas kaki atau Anda dapat menyiapkan alas kaki tambahan seperti koran bekas dan lain-lain. Selain bagian bawah alas kaki, perhatikan pula bagian trim pintu, sebab bagian ini juga menjadi area yang sering terkena air hujan. Untuk perawatan trim pintu, Anda dapat menggunakan lapisan khusus seperti vinyl atau plastik. Selain itu gunakan cairan pelindung khusus yang mempunyai sifat melapisi agar air tidak mudah menempel. (Fin)


Tags

Berita Terkait

X