BERANDA POLITIK FOCUS PEMERINTAHAN PEMBANGUNAN COVID-19
MENU
REDAKSI SJBNews PEDOMAN MEDIA SIBER ADMIN
Pengunjung: 688837
SJBNews / FOCUS, POLITIK / Detail Berita
Selasa, 22 Juni 2021, 11:08 WIB 65 x baca
Biografi Burhanudin Mahir
Redaksi SJBNews

Burhanudin Mahir

JAMBI, SJBNews

Sebuah biografi mengangkat kisah perjalanan hidup seseorang yang benar benar ada dan dianggap dapat membawa hikmah bagi para pembacanya, baik yang mengenal tokoh tersebut maupun tidak.

Biografi adalah catatan tentang hidup seseorang, meskipun sangat mikro, menjadi bagian dalam mosaik sejarah yang lebih besar.

Hikmah yang dapat dipetik tidak terbatas pada prestasi yang diraih si tokoh tetapi juga kegagalan-kegagalan yang dihadapinya serta cara mengatasi masalah.

Pada penulisan ini, penulis akan menelusuri salah satu tokoh penting yang menurut penulis merupakan sosok yang patut dijadikan panutan atau contoh di kalangan masyarakat.

Salah satu sosok Tokoh Ialah Burhanudin Mahir yang lahir di Kelurahan Jambi Kecil Kecamatan Maro Sebo yang pada saat itu masih merupakan bagian dari Kabupaten Batanghari.

Burhanudin Mahir lahir pada tanggal 16 juni ia merupakan anak kedua dari enam 2 bersaudara buah pasangan dari Mahir Ishak (Alm) dan Arba ah.

Ia merupakan salah satu sosok Tokoh Jambi, yang merupakan seorang politikus yang meniti karirnya mulai dari nol.

Melihat dari sosok perjalanan karir pendidikannya, ia diawali dengan pendidikan Sekolah Dasar di Mudung Darat hingga S1 Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII), sebelum masuk ke dalam dunia politik yang biasa di panggil Cik Bur ini bekerja sebagai PNS di kantor BKKBN Provinsi Jambi.

Kemudian Cik Bur mengundurkan diri dan melanjutkan lagi kuliahnya di bidang notaris, dan setelah selesai kuliahnya Cik Bur bekerja sebagai notaris di kabupaten Batanghari.

Kemudian Cik Bur masuk kedunia politik dengan mencalonkan diri di pemilihan legislatif di Kabupaten Batanghari dan terpilihlah beliau sebagai anggota DPRD, dan menjadi Ketua DPRD di Kabupaten Batanghari, setelah itu beliau mencalonkan diri di pemilihan Bupati Muaro Jambi dan terpilihlah Cik Bur menjadi Bupati Muaro Jambi.

Kemudian beliau kembali terpilih menjadi Bupati Muaro Jambi, sehingga Burhanudin Mahir menjadi Bupati di Muaro Jambi selama dua periode.

Selama menjabat dua periode pembangunan di Muaro Jambi terlihat jelas peningkatannya selama kepemimpinanya.

Burhanudin Mahir juga bisa terus meningkatkan APBD. Dan yang pasti, laporan jawabannya juga selalu mendapat predikat WTP (Wajar Tanpa Pengcualian).

Burhanudin Mahir sempat di gadang-gadangkan mencalonkan diri menjadi gubenur jambi tetapi karna memiliki partai yang sama dengan Hasan Basri Agus, Cik Bur urung mencalonkan diri.

Setelah tidak menjadi Bupati lagi Burhanudin Mahir hanya menjadi ketua DPC partai demokrat Kabupaten Muaro Jambi.

Burhanudin Mahir sekarang naik menjadi ketua DPD partai demokrat provinsi jambi periode dengan cara aklamasi setelah mundurnya Hasan Basri Agus menjadi ketua pengurus partai demokrat Provinsi Jambi. (Asido Girsang)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Senang
0%
Terhibur
0%
Terinspirasi
0%
Bangga
0%
Terkejut
0%
Sedih
0%
Takut
0%
Marah
0%