BERANDA POLITIK FOCUS PEMERINTAHAN PEMBANGUNAN COVID-19
MENU
REDAKSI SJBNews PEDOMAN MEDIA SIBER ADMIN
Pengunjung: 618439
SJBNews / FOCUS, PEMERINTAHAN / Detail Berita
Rabu, 30 Desember 2020, 19:22 WIB 15 x baca
Pantau Proses Pemilihan, Kadis Kominfo ; Keempat Cakades Beringin Sanggul Keluarga Dekat
Redaksi SJBNews



Saat Kadis Kominfo Pantau Pilkades

BANGKO, SJBNews.

Ada yang menarik pada pelaksanaan Pilkades Serentak 2020, di 10 desa dalam Kabupaten Merangin. Di Desa Beringin Sanggul Kecamatan Tiangpumpung, dari empat calon kepala desa (Cakades) yang maju, semuanya berasal dari keluarga dekat.

Keempat Cakades Beringin Sanggul yang merupakan paman, ponakan dan saudara sepupu itu, Zuhdi nomor 01, Jasman nomor 02, Burdin  nomor 03 dan Sarbaini nomor 04.

 ‘’Ini tentunya berlangsung sangat seru. Hebatnya tidak terjadi perpecahan hubungan keluarga, karena suhu politik Pilkades ini,’’ujar Kadis Kominfo Merangin M Arief yang memantau pelaksanaan pencoblosan dari awal sampai akhir, Selasa (29/12).

Pada pencoblosan Pilkades Serentak 2020 di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang digandeng berdampingan di halaman Balai Irung Rio Ajo Menang tersebut, terdapat sebanyak 619 matapilih.

Tak bisa dihindari, dari 619 matapilih di desa itu, bagi calon pemilih yang mempunyai hubungan keluarga dengan keempat Cakades, mengaku bingung harus memilih Cakades yang mana?

Jelasnya mereka mengaku merasa tidak enak kalau memihak ke salah satu Cakades. ‘’Aku memilih tidak pulang ke dusun dan tetap berada di kantor di Kota Bangko ketika pemilihan berlangsung,’’ujar Desi, salah seorang keluarga Cakades.

Hal itu terang M Arief, memang terbukti. Berdasarkan hasil memilihan, ditemukan surat suara tidak sah sebanyak tujuh surat suara dan sebanyak 48 orang memilih tidak hadir mengikuti pencoblosan yang berlangsung seru itu.

Dari sebanyak 571 total suara yang masuk kedalam dua kotak suara dari dua TPS tersebut, surat suara sah sebanyak 564 surat suara. Zuhdi yang memperolehan sebanyak 258 suara, akhirnya terpilih menjadi Kades Beringin Sanggul.

Saudaranya Sarbaini  meraih sebanyak 161 suara, saudara lainnya Jasman  sebanyak 110 suara dan Burdin  saudara Zuhdi juga, meraih sebanyak 35 suara. Pilkades Serentak 2020 ini, berlangsung sangat demokratis.

‘’Kami ini semua saudara, tentu setelah Pilkades ini kami kembali menyatu saling ‘bahu membahu’ bersama membangun desa yang kami cintai ini. Intinya semua akan saya rangkul untuk sama-sama berperan mambangun desa,’’terang Zuhdi. (Jkp)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Senang
0%
Terhibur
0%
Terinspirasi
0%
Bangga
0%
Terkejut
0%
Sedih
0%
Takut
0%
Marah
0%