BERANDA POLITIK FOCUS PEMERINTAHAN PEMBANGUNAN COVID-19
MENU
REDAKSI SJBNews PEDOMAN MEDIA SIBER ADMIN
Pengunjung: 618437
SJBNews / FOCUS, PEMBANGUNAN / Detail Berita
Rabu, 02 Desember 2020, 22:23 WIB 51 x baca
Kegiatan Pembuatan DAM Penahan (DPN) Bapedas Jambi Dipertanyakan
Redaksi SJBNews

KERINCI, SJBNews.

Pembuatan DAM penahan di beberapa tempat di Kabupaten Kerinci oleh Bapedas Jambi perlu dipertanyakan, dikarenakan kegiatan pembuatan DAM tersebut diduga menelan dana milyaran rupiah itu sebagian besar tidak diketahui dimana lokasi tempat pembuatannya.

Pembuatan DAM oleh Bapedas Jambi dengan sumber dana dari Forest Frogramme ll dalam wilayah Kabupaten Kerinci itu kelihatan nya dikerjakan oleh kelompok tani didaerah ini tetapi sistim upah.

Diduga bukan sistem kontrak sehingga sangat sulit untuk memantau tehnis pekerjaanya. yang ada terpasang dilokasi pekerjaan hanya papan nama proyek saja, tidak ditemukan bistek atau gambar proyek sehingga pembuatan DAM mengundang pertanyaan bagi publik.

Ketika media ini melakukan investigasi pada salah satu kegiatan di desa air terjun kecamatan Siulak terlihat pembuatan DAM tersebut pakai Bronjong dengan panjang lebih kurang empat meter tinggi sekitar dua meter.

Anehnya proyek ini dibunyikan pada papan nama dan penahan. Yang jadi pertanyaan, penahan apa? apa penahan tanah agar tidak longsor ? Atau penahan air agar tidak terjadi banjir.

Kalau untuk penahan agar tidak terjadi longsor itu sangat tidak mungkin dikarenakan dilokasi tersebut tidak pernah terjadi longsor. kalau dikatakann bahwa DAM dari Bronjong itu untuk penahan air sangat tidak masuk akal Bronjong bisa menahan air.

Pembuatan DAM penahan oleh bapedas Jambi itu menurut inpormasi dari warga di Kerinci cukup banyak dibuat tetapi agak tersembunyi sembunyi alias kurang transparan lokasinya.

Menurut sumber bahwa orang dari Bapedas Jambi yang sering datang ke Kerinci untuk melihat pekerjaan pembuatan DAM tersebut adalah inisial yetno.

Mendengar informasi dari warga tersebut, media ini mencoba untuk konfirmasi ke Yatno Balai DAS Jambi via Handphone guna untuk mendapat kejelasan tentang proyek tersebut, dan diperoleh informasi sedang rapat di Jakarta dan senin baru pulang. (Dilas)

 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Senang
0%
Terhibur
0%
Terinspirasi
0%
Bangga
0%
Terkejut
0%
Sedih
0%
Takut
0%
Marah
0%