BERANDA POLITIK FOCUS PEMERINTAHAN PEMBANGUNAN COVID-19
MENU
REDAKSI SJBNews PEDOMAN MEDIA SIBER ADMIN
Pengunjung: 632027
SJBNews / FOCUS, OPINI / Detail Berita
Selasa, 12 November 2019, 18:37 WIB 144 x baca
Candi Muaro Jambi Tampak Anggun dan Sejuk di Pandang Mata
Redaksi SJBNews

Candi Muaro Jambi (Sumber Dok : Widodo)

MUARO JAMBI, SJBNews.

Artikel. Gerbang Candi Kedaton, sebuah candi yang terletak di kompleks percandian Muaro Jambi. Gerbang ini, yang merupakan pintu depan candi. Pintu belakangnya menghadap jalan raya.

Lucunya, pengunjung Kedaton sekarang justru masuk melalui pintu belakang, setelah melintasi jembatan yang membentang di atas parit kuno. Sebenarnya, Kedaton tidak dibuka untuk umum. Karena itu, wisatawan awam yang tak dipandu guide tampaknya tidak tahu keberadaan candi ini.

Bahwa Candi Kedaton tidak dibuka untuk umum, rasanya agak aneh. Sebab, rekonstruksi arsitektur candi sudah hampir rampung. Candi utama, yang terletak di tengah, sudah rampung. Tinggal sedikit candi kecil yang masih berupa gunungan reruntuhan bata.

Mungkin ada alasan lain kenapa  Kedaton tak dibuka sebagai spot wisata sebagaimana Candi Gumpung yang berada tak begitu jauh darinya. Saya sudah dua kali mengunjungi Kedaton. Pada kunjungan pertama, pagi menjelang siang, ia menyambut saya dengan impresi yang sangat sejuk dan grandeur. Pada kunjungan kedua, hampir tengah hari, Kedaton meliputi saya dengan perasaan yang amat damai. Ia juga memancarkan grandeur.

Tak banyak situs sejarah, apalagi di Jambi, yang memadukan grandeur, kedamaian, dan kesejukan. Semua suasana batin ini tentu tak tampak pada foto. Jika ingin merasakannya, saya sarankan Anda untuk berkunjung langsung ke Kedaton. (Widodo)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Senang
0%
Terhibur
0%
Terinspirasi
0%
Bangga
0%
Terkejut
0%
Sedih
0%
Takut
0%
Marah
0%