PUPR Provinsi Jambi peringati Hari Air sedunia Ke 31

- Kamis, 13 April 2023, 12:00 AM
Keterangan Foto

JAMBI.SJBNEWS.CO.ID-Sebagaimana arahan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Balai Wilayah Sungai Sumatera VI bersama seluruh Balai Kementerian PUPR Wilayah Provinsi Jambi memperingati Hari Air Dunia ke-31 Tahun 2023 yang mengambil tema “Be The Change You Want To See In The World”.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Gubernur Jambi, para Kepala Instansi terkait Pembangunan Infrastruktur Wilayah Jambi, serta Jajaran Pemerintah Daerah Provinsi Jambi.

Pada kesempatan ini, Gubernur Jambi menyampaikan dalam sambutannya pelestarian lingkungan dan hutan harus terus dilakukan, baik mempertahankan yang tersisa maupun memperbaiki yang rusak seperti dengan melakukan penanaman pohon, reboisasi atau penghijauan kembali, dan pembuatan Biopori berupa lubang resapan yang bermanfaat sebagai resapan air dan memberikan dampak positif bagi lingkungan ekologis. Penanaman pohon dan pembuatan biopori ini merupakan aksi nyata untuk melestarikan lingkungan. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera VI dan Jajaran serta semua pihak terkait yang telah berpartisipasi dalam penyelenggaran penanaman pohon dan pembuatan biopori ini.

Beliau juga menyampaikan peringatan Hari Air Dunia ini adalah suatu momentum dan upaya untuk mengingatkan kita kembali, agar senantiasa menjaga ketersediaan air tanah serta menjaga kelestariannya dan juga untuk menyadarkan semua unsur baik pemerintah maupun lapisan masyarakat akan pentingnya pengelolaan sumber daya air yang berkesinambungan.

Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera VI yang pada kesempatan ini menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang berkontribusi dalam kegiatan pelestarian air dan lingkungan serta Gerakan memasyarakatkan Biopori. Sehingga ketersediaan air bagi generasi mendatang akan tetap terjaga.

Jumlah Pohon yang ada di BWS Sumatera VI adalah sebanyak 302 pohon, yang terdiri dari Pohon Ketapang, Pohon Pule dan tanaman buah-buahan bernilai ekonomis lainnya. Balai Wilayah Sungai Sumatera VI telah melaksanakan Penanaman pohon dibeberapa lokasi infrastruktur SDA yaitu : D.I Batang Sangkir dan D.I Siulak Deras Kabupaten Kerinci sebanyak 40 pohon, Embung Kota Jambi sebanyak 10 pohon, Revitalisasi Danau Sipin Jambi sebanyak 30 pohon dan pada acara puncak HAD penanaman pohon dilaksanakan di Kantor Balai Wilayah Sungai Sumatera VI berjumlah 30 pohon dan total Lubang Resapan Biopori sebanyak 248 Biopori.

Jumlah pohon yang telah ditanam oleh seluruh Balai diLingkungan Kementerian PUPR Provinsi Jambi berjumlah 328 pohon, sedangkan sisa pohon lainnya akan ditanam tersebar pada seluruh Infrastruktur SDA yang ada di Provinsi Jambi. (ADE)


Tags

Berita Terkait

X