KPI Nilai Program Sinetron dan Infotainment di Televisi Belum Berkualitas

- Kamis, 02 Desember 2021, 12:00 AM
Keterangan Foto

JAKARTA , SJBNEWS.CO.ID - Riset indeks kualitas program siaran televisi periode kedua tahun 2021 oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menyatakan, tiga program televisi dengan indeks terendah yaitu variety show (2,92), infotainment (2,62), dan sinetron (2,59).

Koordinator Penelitian dan Pengembangan KPI Andi Andrianto mengatakan, dengan indeks tersebut, ketiga kategori program itu belum memenuhi standar KPI sebesar 3,00. Yang belum berkualitas yaitu variety show, infotainment, dan sinetron," kata Andi dalam konferensi pers yang disiarkan secara daring, Kamis (2/12/2021).

Dia mengungkapkan, untuk program infotainment, beberata catatannya yaitu mengenai perlindungan hak privasi dan perkembangan psikologis terhadap anak dan remaja.

Kemudian, untuk program sinetron, banyak mengandung kata-kata kasar dan serta mempertontonkan hal-hal yang melanggar norma kesopanan.

"Variety show juga belum berkualitas. Isinya merendahkan orang lain dan guyon kurang sopan dan kata-kata kasar masih menjadi catatan khusus," ujar dia.

Andi berharap, stasiun televisi dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas kategori program yang sudah baik. Sementara itu, kategori program yang belum berkualitas harus diperbaiki.

Dalam riset ini, KPI bekerja sama dengan 12 perguruan tinggi. Kedua belas perguruan tinggi tersebut antara lain Universitas Sumatera Utara, Universitas Padjadjaran, Universitas Diponegoro, dan Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta.

Riset dilakukan dalam rangka pelaksanaan tugas KPI mengawasi program televisi agar makin baik dan berkualitas.

Data menjadi bahan evaluasi bagi KPI dan lembaga penyiaran untuk memperbaiki mutu dan kualitas siaran televisi. (RED/*)


Tags

Berita Terkait

X