Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Mutasi Enam Kapolda

- Selasa, 02 November 2021, 12:00 AM
Keterangan Foto

JAKARTA , SJBNEWS.CO.ID

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memutasi sejumlah pejabat tinggi dan menengah Polri di antaranya adalah enam jabatan kepala kepolisian daerah atau kapolda.

Enam Polda yang berganti kepemimpinan itu adalah Jawa Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Tengah, Kepulauan Bangka Belitung (Babel), dan Sulawesi Tenggara.

Pergantian enam kapolda berdasarkan surat telegram nomor ST/2278/X/KEP/2021 yang ditandatangani As SDM Polri Irjen Pol Wahyu Widada atas nama Kapolri

Kapolda Jawa Barat (Jabar) Irjen Pol Ahmad Dofiri diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabaintelkam Polri.

Posisi Ahmad Dofiri sebagai Kapolda Jabar digantikan Irjen Pol Suntana yang sebelumnya menjabat Wakabaintelkan Polri.

Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel) Irjen Pol Merdisyam dirotasi menjabat Wakabaintelkam Polri. Penggantinya adalah Irjen Pol Nana Sudjana yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Utara (Sulut).

Jabatan Kapolda Sulut yang ditinggalkan Iren Pol Nana Sudjana diisi oleh Irjen Pol Mulyatno yang sebelumnya menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tk I Sespim Lemdiklat Polri.

Sedangkan jabatan Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) dipercayakan kepada Irjen Pol Nanang Avianto yang sebelumnya menjabat sebagai Kakorsabhara Baharkam Polri.

Nanang menggantikan Irjen Pol Dedi Prasetyo yang menduduki posisi baru sebagai Kadivhumas Polri.

Selanjutnya Kapolda Kepulauan Babel Irjen Pol Anang Syarif Hidayat menjadi Staf Ahli Sosbud Kapolri. Posisinya digantikan oleh Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra).

Jabatan Kapolda Sultra yang ditinggalkan Yan akan ditempati Irjen Pol Teguh Pristiwanto yang sebelumnya adalah pertwira tinggi yang bertugas di Badan Intelijen Negara (BIN).

Dari enam Polda tersebut, Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Kepulauan Babel adalah dua Polda terakhir yang berubah tipe dari sebelumnya Polda tipe B menjadi tipe A. (GIR/CN)


Tags

Berita Terkait

X