Cegah Gangguan Geng Motor Pemkot Jambi Libatkan Siskamling

- Ahad, 02 Oktober 2022, 12:00 AM
Keterangan Foto

KOTA JAMBI , SJBNEWS.CO.ID - Pemerintah Kota Jambi memperkuat keamanan wilayah dengan mengaktifkan kembali sistem keamanan lingkungan atau siskamling di tingkat rukun tetangga sebagai salah satu upaya mencegah aksi kriminal yang dilakukan anggota geng motor.

Wakil Wali Kota Jambi Maulana mengatakan pemerintah kota sudah mengeluarkan imbauan kepada warga melalui forum rukun tetangga (RT) untuk kembali menggerakkan siskamling di wilayah masing-masing.

"Upaya bersama guna meningkatkan kamtibmas di seluruh wilayah Kota Jambi untuk melawan maraknya geng motor," kata Maulana saat sosialisasi dalam upaya menekan kriminalitas, khususnya gangguan kamtibmas geng motor di Jambi, Sabtu.

Siskamling menjadi fokus pemerintah kota dalam mencegah tindak kriminal dari anggota geng motor mulai dari tingkat RT. "Untuk jaga malam, setiap RT harus melakukan siskamling guna meningkatkan keamanan di wilayah masing-masing," katanya.

Maulana juga mengimbau para orang tua yang memiliki anak usia remaja agar dapat memberikan perhatian lebih besar dan mengarahkan anaknya pada kegiatan yang positif.

"Kegiatan kepemudaan maupun event-event yang dilakukan pemerintah selama ini bisa dimanfaatkan oleh orang tua untuk mengarahkan anak-anaknya aktif di kegiatan kepemudaan," katanya.

Ia menambahkan orang tua harus meningkatkan pengawasan dan kewaspadaan serta tidak terlalu memberikan kebebasan pergaulan kepada anaknya.

"Kepada orang tua yang memiliki anak remaja, diawasi dengan baik, dekati mereka, ajak mereka seperti teman. Jangan dijauhi, apalagi diberikan kebebasan berlebihan," ujar Maulana. (ANT)


Tags

Berita Terkait

X