Basarnas Jambi Gelar Rakor SAR Daerah

- Selasa, 11 Oktober 2022, 12:00 AM
Keterangan Foto

KOTA JAMBI , SJBNEWS.CO.ID - Badan Nasional Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) BASARNAS Jambi,  menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) SAR Daerah, Selasa (11-12/10/2022) di Hotel BW Luxury, Jambi. 

Rakor dengan tema, "Melalui Rakor SAR Daerah dan rencana Kontigensi pencarian dan pertolongan Jambi tahun 2022, kita tingkatkan sinergitas dan kesiapsiagaan dalam rangka mewujudkan quick respon search and rescue di wilayah Provinsi Jambi".

Dibuka langsung oleh gubernur Jambi DR H Al Haris, Rabu (12/10), diikuti TNI, Polri, organisasi kemanusiaan, dinas instansi terkait. 

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Jambi, Kornelis diwakili Andi Suharli SE menegaskan, tugas SAR misinya pencarian dan pertolongan merupakan tugas yang mulia untuk membantu, mengevakuasi korban dalam rangka menyelamatkan jiwa manusia. 

"Tugas SAR bukan hanya tugas personil BASARNAS saja, tapi tugas kita semua, tanpa bantuan masyarakat personil Basarnas yang jumlahnya terbatas tidak ada artinya," ujar Kornelis. 

BASARNAS Jambi, lanjut Kornelis, sebagai instansi pemerintah harus tetap kesiapsiagaan SAR guna memberikan  pelayanan kepada masyarakat, sehingga  akan memberikan rasa aman  kepada masyarakat.

Untuk itu meningkatkan kesiapsiagaan SAR antara BASARNAS dan instansi berpotensi SAR baik kesiapan personil dan pertolongan Jambi wajib ditingkatkan.

Dasar pelaksanaan SAR adalah Undang-undang Nomor 29 tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan. Perpres Nomor 83 tahun 2016 tentang Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

Peraturan Badan Nasional pencarian dan pertolongan RI N0. 10 tahun 2018 tentang  Pedoman Rencana Kontigensi Pencarian dan Pertolongan. (Rel/PWI)


Tags

Berita Terkait

X