Akses Sekolah Sulit, Orang Tua Siswa Dan Warga Sekitar Swadaya Bangun Jalan Pintas

- Senin, 22 Juli 2024, 03:09 PM

JAMBI, SJBNEWS.CO.ID - Puluhan orangtua siswa dan masyarakat sekitar perum pertama biru 1, kel. Pinang merah bergotong royong membangun jalan pintas. Jalan pintas tersebut dibuat sebagai jalan alternatif yang dapat mempersingkat waktu bagi anak-anak yang akan berangkat menuju sekolah.

Akses jalan yang dibuat ini, dilakukan secara swadaya. Mereka mengumpulkan dana yang lantas digunakan untuk membeli beberapa material.

Selain digunakan sebagai jalan pintas menuju sekolah, jalan pintas itu juga digunakan oleh masyarakat untuk kepentingan sehari-hari. 

Warga setempat, Putra mengatakan, jalan pintas ini dibuat untuk akses jalan anak sekolah biar lebih dekat. 

“Setelah bermusyawarah dengan warga setempat, Kami buat jalan pintas ini dengan gotong royong, supaya siswa bisa mempersingkat waktu. Tapi karena keterbatasan biaya, jalan pintas ini hanya bisa dilewati dengan jalan kaki," Ujar Putra melalui pesan singkat WA, Minggu (21/7/2024). 

Meski dengan dana yang minim, masyarakat yang didominasi oleh orang tua siswa itu berupaya agar akses jalan itu dapat terealisasi. Selama ini para siswa melewati jalan yang cukup jauh menuju sekolah. 

“Akses ini sangat dibutuhkan bagi siswa. Kalau mereka menggunakan jalan utama malah sangat jauh. Harus keluar dulu, keliling, baru sampai di sekolah. Kalau melewati jalan pintas ini lebih dekat. Maka dari itu kami sangat membutuhkan fasilitas pembangunan jalan ini,” kata Putra.

Upaya swadaya untuk membangun jalan itu sudah dilakukan sejak minggu lalu. Beberapa tumpukan tanah itu diratakan agar siswa dapat melewatinya walaupun hanya untuk jalan kaki. 

“Ya saling sumbang sedikit-sedikit. Itu digunakan membeli bahan agar siswa bisa bersekolah lewat akses ini. Kami berharap pemerintah bisa membantu kami, karena masyarakat sudah minta bantuan ke pemerintah Kecamatan/kelurahan setempat, namun belum ada peninjauan hingga sekarang," Tutup Putra. (Stwn). 


Tags

Berita Terkait

X